Solusi atasi internet “lemot” yang menghambat

0 comment 0 views

Koneksi internet yang baik merupakan salah satu kebutuhan penting di era digitalisasi, mengingat segala sesuatunya kini banyak bergantung pada internet.

Oleh sebab itu jaringan internet yang lemot seakan tak lagi bisa ditolerir karena hal ini akan menghambat semua aktivitas digital.

Ada banyak penyebab kenapa internet menjadi lemot dan menghambat aktivitas digital, mulai dari sinyal WiFi atau selular, jumlah perangkat, dan jangkauan sinyal bisa menjadi penyebabnya. Berikut ini adalah sejumlah penyebab internet menjadi lemot, berdasarkan siaran pers Biznet yang diterima di Jakarta pada Kamis.

Masalah pada sistem operasi

Adanya masalah pada sistem operasi di perangkat kita bisa menjadi penyebab kenapa saat kita berinternet terasa lambat atau lemot yang membuat kurang nyaman, biasanya kita cukup melakukan restart perangkat dan cara ini memang terbukti cukup efektif untuk masalah internet lemot yang disebabkan oleh sistem operasi yang bermasalah.

Internet lemot karena paket data menipis

Kejadian internet lemot juga sering terjadi ketika paket data kamu mulai menipis. Beberapa operator memberlakukan pengurangan kecepatan dengan tujuan agar paket data yang kamu miliki tidak lekas habis. Namun demikian, hal ini memang terkadang cukup mengganggu.

Terlalu banyak membuka aplikasi

Berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa menutup aplikasi yang digunakan bisa menjadi salah satu penyebab internet lemot yang selanjutnya. Aplikasi yang tidak ditutup akan terus menggunakan jaringan internet yang kamu miliki, sehingga kapasitas jaringan menjadi terbagi ke dalam beberapa aplikasi.

Mengakses jaringan bersamaan

Ada kalanya internet lemot juga disebabkan karena padatnya akses yang digunakan oleh pengguna lain. Hal ini karena sekian banyak pengguna mengakses internet pada waktu yang hampir bersamaan, sehingga saat kita mengakses internet terasa lambat

Agar tidak mengalami internet lemot, Anda bisa menggunakan beberapa cara ini untuk mengatasinya;

1. Restart modem atau router

Cara mengatasi WiFi lemot yang cukup efektif selanjutnya yaitu dengan me-restart modem atau router. Untuk me-restart router atau modem, kamu dapat mematikannya melalui saklar maupun tombol power. Kamu juga dapat mencabut langsung adaptornya, lalu tunggu 10 sampai 30 detik sebelum dinyalakan kembali.

2. Update perangkat gawai secara berkala

Update perangkat secara rutin dan update software bisa jadi solusi, karena terkadang aplikasi masih “menyedot” data walaupun sedang tidak digunakan, sehingga memberatkan kinerja perangkat. Aplikasi-aplikasi yang belum di-update juga dapat membuat ponsel jadi lebih keras bekerja sehingga mempengaruhi koneksi internet.

Leave a Comment

AllOPerator is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

©2022 AllOperator. All Right Reserved. Designed and Developed by AllOperator.Com