Kalo kamu mau bikin radio streaming, ada beberapa istilah yag perlu kamu pahami, biar kamu nanti nggak bingung kalo ada problem kualitas audio, atau suara putus putus di radio streamingmu ketika di dengerkan oleh pendengar.

  • BANDWIDTH : adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Atau definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah untuk menghitung transaksi data.
  • NETWORK LATENCY adalah jeda waktu yang dibutuhkan dalam pengantaran paket data dari pengirim ke penerima. Semakin tinggi jeda waktu atau latency tersebut maka akan semakin tinggi resiko kegagalan akses. Network latency juga sering diartikan sebagai tingkat keterlambatan pengantaran pada jaringan komunikasi data dan juga suara.
  • DELAY adalah keterlambatan dalam waktu transmisi data dari pengirim dan penerima, satuan dari delay adalah sekon (detik).
  • JITER adalah variasi dari delay atau selisih antara delay pertama dengan delay selanjutnya.
  • BITRATE Menurut Wikipedia “bit rate (sometimes written bitrate or as a variable R[1]) is the number of bits that are conveyed or processed per unit of time.”

    Di file audio biasa ditulis misalnya 128 kbps (kilo BIT per second), nah klo ini nunjukin banyaknya data (dlm bit bukan byte) setiap detiknya. Seperti resolusi (DPI = dot per inch) klo kita bandingin di dunia visual (image/video), semakin tinggi bitratenya, smakin “tajam” suaranya.

  • SAMPLE RATE Menurut wiki-nya audacity, “Sample rate is the number of samples of audio carried per second, measured in Hz or kHz (one kHz being 1 000 Hz)”

    Kira-kira artinya gini, banyaknya suara yang direkam dalam 1 detik. Semakin banyak sample suara yang direkam maka semakin halus suaranya, mirip seperti video fps (frame per second), semakin halus gambar videonya klo semakin banyak frame gambar yang diambil setiap detiknya, ga putus2, smooothhh, alussss gerakannya, gt paling hahaha….

    Contoh beda sample rate :
    32 kHz 128 kbps

BANDWIDTH vs LATENCY 

Oke…, kamu sudah ngerti arti dari beberapa istilah Bandwith, Latency dll, seerti yang saya uraikan di atas, selanjutnya akan saya kasih sedikit analogi penjelasan Bandwidth vs Latency.

Biar gampang, bandwidth kita analogikan dengan jalanan. Ada jalan yang 1 jalur, ada yang 2 jalur dan seterusnya. Makin banyak jalurnya, maka makin banyak kendaraan yang bisa lewat. Nah si latency kita analogikan dengan kecepatan kendaraan yang lewat.

Sampe disini, kita bikin perbandingkan. Seumpama ada sebuah perusahaan ingin mengirim 4 truk yang membawa peti kemas ke suatu tempat melalui jalur darat. Perusahaan tersebut punya dua cara, pertama truk-truk tersebut melalui sebuah jalan perbukitan dengan lebar 4 jalur. Tetapi truk-truk tersebut hanya mampu berjalan pada kecepatan 40 Km/jam karena medannya perbukitan.

Cara kedua, perusahaan itu mengirim 4 truk melalui jalan lain yang hanya muat 2 jalur. Meski jalur tersebut lebih sempit, tapi jalanannya datar dan truk tersebut bisa melaju kencang hingga 100 Km/jam.

Nah, kira-kira mana yang lebih cepat sampai?

Itulah sebabnya kenapa ada orang yang langganan internet dengan bandwidth besar, tapi untuk dengerin radio streaming atau relay radio streaming masih suka putus-putus. Karena meski bandwidth’nya besar, tapi latency’nya terhambat.

Yang mempengaruhi latency lambat antara lain;

  • Buruknya kualitas saluran, bila menggunakan media kabel, mungkin kabelnya sudah tua. Bila menggunakan media wireless, mungkin ada gangguan sinyal (distorsi sinyal atau interfrensi).
  • Saluran terlalu penuh (overload). Hal ini sering dialami oleh provider. Analoginya sama saja dengan jalan tol yang penuh. Siapa yang bisa ngebut disitu sekalipun jalurnya lebar?
  • Jarak yang terlalu jauh, dan tidak ada penguat sinyal.

LTENCY vs JITER

Delay dan latency adalah istilah serupa yang mengacu pada jumlah waktu yang dibutuhkan sedikit yang akan dikirim dari sumber ke tujuan. Jitter penundaan yang bervariasi dari waktu ke waktu. Salah satu cara untuk melihat latency adalah berapa lama sistem berpegang pada sebuah paket. Sistem yang mungkin merupakan sebuah perangkat tunggal seperti router, atau sistem komunikasi lengkap termasuk router dan link.

Topik terkait erat termasuk bandwidth dan throughput. Bandwidth sering digunakan untuk merujuk pada data rate dari suatu sistem, tetapi lebih tepat mengacu pada lebar pita frekuensi yang sistem beroperasi masuk data rate dan kecepatan kawat adalah istilah yang lebih baik ketika berbicara tentang transmisi informasi digital. Kecepatan dari suatu sistem dipengaruhi oleh kemacetan dan keterlambatan.Throughput mengacu pada kinerja yang diukur sebenarnya dari sebuah sistem bila penundaan dianggap.

Penundaan disebabkan oleh jarak, kesalahan dan pemulihan kesalahan, kemacetan, kemampuan pengolahan sistem yang terlibat dalam transmisi, dan faktor lainnya. Bahkan jika Anda menghapus hardware-jenis keterlambatan, Anda masih memiliki keterlambatan kecepatan-of-cahaya. Dibutuhkan hampir 30 ms untuk mengirim sedikit melalui kabel lintas-negara serat optik, penundaan yang tidak dapat dihilangkan.