Akhir akhir ini saya melihat banyak yang posting rig untuk nambang cryptocurrency, dan hardwarenya pada spec dewa semua…, ngiler kalo melihatnya :). Untuk nambang berbasis VGA di butuhkan motherboar yang bisa nambung VGA sebanyak mungkin, jadi bisa lebih efesien. Ada beberapa motherboard yang Ok untuk di tancepin VGA guna nambang cryptocurrency. misal seperti Biostar TB250-BTC Pro motherboard ini memiliki 12 PCIe slot (11 x1 dan satu x16), ASRock H110 Pro BTC+ memiliki 13 PCIe slot Gila kan bro…, mantap buat nambang. yang lebih mantap lagi milik ASUS terbaru, Asus mengembangkan ASUS B2560 Mining Expert dengan 18 PCIe x1 slot + x16 slot, jadi total ada 19 slot yang bisa di tancepin VGA.

ASUS juga berhasil memecahkan masalah suplai daya untuk slot PCIe tersebut dengan cara menghadirkan tiga konektor power ATX 24-pin. Untuk apa saja?

  • satu konektor berguna untuk menghadirkan daya bagi prosesor dan komponen utama lain yang menempel di motherboard.
  • dua konektor ATX 24-pin lainnya hadir untuk memberikan daya bagi 19 kartu grafis yang terpasang di motherboard ini.

Mantap bukan kalo buat nambang, 3 rig langsung bisa di gabung…, oh itatapi tunggu dulu, emang secara teori bisa menggunakan 19 kartu grafis, tapi ada yang perlu di catat, saat ini driver AMD dan Nvidia saat ini hanya mendukung hingga 8 GPU dan satu sistem. Mungkin Asus perlu ngobrol sama AMD dan NVIDIA biar dalam satu sistem bisa di pakai semua itu slot nya untuk GPU 🙂