Beberapa hari yang lalu ada yang tanya… “Mas kok facebook saya ada yang posting ya…, padahal saya tidak merasa posting…”, nah dalam kasus ini ada beberapa kemungkinan, salah satunya mungkin yang posting itu adalah orang yang sudah tahu login password atau posting melalui device yang ada account facebook yang aktif atau dll :).

Ok…, dalam tulisan kali ini saya akan coba menunjukkan beberapa cara bagaimana orang lain bisa masuk account kita dan saya juga akan menunjukkan cara mencegahnya.

Cara 1. Melakukan Reset Password Facebook

cara termudah untuk mendapatkan account facebook seseorang adalah dengan cara melakukan Reset pasword, langkah ini adalah langakah yang termudah… Hal ini bisa lebih mudah dilakukan oleh orang yang berteman dengan orang yang mereka coba hack.

  • Langkah pertama adalah mendapatkan account login email dari calon account Facebook yang akan di hack. Biasanya bisa di dapatkan dari halaman facebook di bagian Contact Info
  • Selanjutnya, klik Forgotten your password ? dan ketik email, account Facebook yang akan di hack seharusnya muncul dan Klik This is my account.
  • Setelah di Klik This is my account, maka akan muncul sebuah pertanyaan akan di gunakan untuk melakukan reset password melalui email, jangan pilih ini, karena ini tidak akan membantu, namun tekan No longer have access to these?
  • Setelah memilih No longer have access to these?, maka akah di arahkan ke pertanyaan selanjutnya How can we reach you?, nah di sini tinggal masukin email lain yang bisa di akses.
  • Sekarang Facebook akan mengajukan pertanyaan. Jika berteman dekat dengan calon korban, itu bagus. Jika kamu tidak terlalu tahu tentang mereka, tebaklah tebakan. Jika kamu mengetahuinya, kamu bisa mengganti kata sandinya. Sekarang kamu harus menunggu 24 jam untuk login ke akun mereka.
  • Jika kamu tidak mengetahui pertanyaannya, Anda dapat mengklik Recover your account with help from friends. Ini memungkinkan Anda memilih antara tiga dan lima teman.

  • Ini akan mengirimi mereka kata kunci, yang mungkin kamu minta, lalu ketik ke halaman berikutnya. Kamu juga bisa membuat tiga sampai lima akun Facebook palsu dan menambahkan teman Kamu (terutama jika Kamu hanya menambahkan seseorang), atau Kamu dapat memilih tiga sampai lima teman dekat Kamu yang bersedia memberi Kamu kata sandinya.

 

Bagaimana Cara Melindungi untuk dengan model Reset Password Facebook ?

  • Gunakan alamat email khusus untuk Facebook Kamu dan jangan masukkan alamat email itu di profil Kamu.
  • Saat memilih pertanyaan dan jawaban keamanan, buatlah sesulit mungkin. Buatlah agar tidak ada yang bisa mengetahuinya dengan hanya melalui Facebook Kamu.
  • Pelajari tentang memulihkan akun Kamu dari teman. Kamu bisa memilih tiga teman yang ingin dikirimi kata sandi. Dengan cara itu Kamu bisa melindungi diri dari teman untuk masuk ke akun Kamu.

 

Cara 2. Menggunakan Keylogger

Aplikasi Keylogger

Aplikasi Keylogger adalah sebuah aplikasi yang dapat merecord setiap ketikan di keyboard dan dapat berjalan di background tanpa kita sadari. Aplikasi ini harus di install secara manual di PC target calon korban. Dan aplikasi ini bisa di seting agr mengirimkan semua ketikan melalui email.

 

Hardware Keylogger

Cara kerja Hardware Keylogger hampir sama dengan software keylogger, bedanya adalah ini menggunakan USB Drive dan harus di colok ke PC target calon korban.

 

Bagaimana Cara Melindungi untuk Hack pakai Keylogger ?

  • Gunakan firewall. Keyloggers biasanya mengirim informasi melalui internet, jadi firewall akan memantau aktivitas online komputer Anda dan mengendus sesuatu yang mencurigakan.
  • Instal aplikasi Password Manager. Keylogger tidak bisa mencuri apa yang tidak Anda ketik.
  • Selalu Update Perbarui perangkat lunak Anda.
  • Ubah kata sandi Jika Anda masih merasa tidak terlindungi, Anda bisa mengganti kata sandi dua mingguan. Ini mungkin agak sedikit report, tapi itu membuat informasi yang sudah di dapatkan hacker menjadi tidak berguna.

Cara 3. Phising

Pilihan ini jauh lebih sulit daripada yang lain, tapi metode yang paling umum untuk hack akun seseorang. Jenis phishing yang paling populer melibatkan pembuatan halaman login palsu. Sebuah Halaman login facebook palsu biasannya ia email ke korban anda dan si korban tidak sadar bahwa halaman yang dikirimkan adalah halaman paslu karena terlihat persis seperti halaman login Facebook asli.

Jika klik halam palsu yang dikirimkan melalui email dan memasukan informasi login dan password, informasinya akan dikirimkan kepada Anda, bukan ke Facebook. Proses ini sulit karena Anda perlu membuat akun web hosting dan halaman login palsu.

 

Bagaimana Cara Melindungi Account Facebook dari Hack yang pakai Phising ?

  • Apabila ada email masuk dan informasikan untuk klik link, waspadailah… jangan asal klik. Apalagi kalo ada email yang memberitahu Anda untuk login ke facebook melalui link…, Jika Anda ragu, langsung masuk ke halaman situs langsung dengan ketik https://facebook.com di browser Anda.
  • Phishing tidak hanya dilakukan melalui email. Ini bisa berupa link apapun di situs / chat room / text message / etc. Bahkan iklan yang pop up bisa jadi berbahaya. Jangan klik pada link pencarian samar yang meminta informasi Anda.
  • Gunakan perangkat lunak anti-virus & keamanan web, seperti Norton, Symantec atau McAfee.

Cara 4. Man in the Middle Attack

Jika Anda bisa mendekati target Anda, Anda bisa mengecoh calon korban untuk terhubung ke Jarigan Wi-FI palsu yang tujuan nya adalah untuk mencuri account & password melalui sistem serangan Man In The Middle (MITM). Alat seperti Wi-Fi Pumpkin dapat membuat Wi-Fi palsu.

Begitu korban terhubung ke jaringan Wi-FI palsu Anda, Anda dapat memeriksa lalu lintas atau mengarahkan mereka ke halaman login palsu.

 

Bagaimana Cara Melindungi Account Facebook dari Hack yang pakai MITM ?

  • Jangan terhubung ke jaringan Wi-Fi umum dan tidak terenkripsi.
  • Jangan terhubung ke jaringan Wi-FI yang tidak ada pada tempatnya. misalnya ketika kamu ada di desa yang nggak ada starbucknya, namun tiba tiba muncul Wi-fi Starbucks.., maka kamu wajib curiga. karena hacker tahu komputer Anda akan otomatis terhubung dengannya jika Anda telah menggunakan jaringan dengan nama yang sama sebelumnya.
  • Jika Anda mengalami masalah saat menyambungkan ke Wi-Fi Anda, lihat daftar jaringan terdekat Anda untuk melihat apakah ada salinan nama jaringan Anda di sekitar Anda.
  • Jika router Anda meminta Anda memasukkan kata sandi untuk mendapatkan pembaruan firmware untuk mengaktifkan internet atau menunjukkan halaman dengan kesalahan ejaan atau tata bahasa utama, kemungkinan Anda terhubung ke hotspot palsu dan seseorang di dekatnya mencoba mencuri account password Anda.

Oke setelah baca tulisan saya kali ini, mudah mudahan semua bisa aware…, amankan login & password facebookmu sebelum kebobolan, karena kalo sudah bobol lumayan sulit untuk bisa balik lagi.

Trim’s