Karena bermacam alasan dan niat yang berbeda beda, terkadang web master cenderung untuk mengubah web hosting yang ada. Perubahan ini akan bisa berdampak serius bila tidak di lakukan dengan hati hati, peringkat search engine yang di peroleh dengan kerja keras akan turun drastis hanya dalam semalam karena perpindahan web hosting. Lokasi dan Performance dari server web hosting memiliki dampak pada peringkat SEO.

Mencari perusahaan hosting yang terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda:

Pertama dan yang paling utama, Anda harus menemukan sebuah perusahaan web hosting yang akan menyediakan semua fitur penting bagi Anda dan tentunya sesuai dengan kebutuhan website yang Anda bangun. Hal ini mungkin terdengar agak susah… karena sulit untuk menemukan orang yang membahas kebutuhan yang tepat bagi Anda. Tapi menemukan sebuah perusahaan tersebut adalah sangat penting.

  1. Pastikan untuk tahu tentang sistem operasi server (Windows atau Linux) dan tentang teknologi web yang digunakan (PHP, JSP, ASP atau ASP.Net). Juga, apa sistem database yang Anda butuhkan. Lihat apakah solusi host baru yang kompatibel dengan spesifikasi teknis dari situs Anda.
  2. Periksa versi dan pengaturan konfigurasi dari server, batas waktu dan daftar library yang diinstal.
  3. Cari tahu bagaimana cara melakukan Upload file website ke web hosting, sehingga membuat Anda untuk meng-upload situs Anda dengan mudah.
  4. Memiliki informasi DNS. Juga, pastikan Anda memiliki informasi account domain sehingga Anda dapat dengan cepat mengubah pengaturan bila diperlukan.
  5. Pikiran bandwidth yang tersedia dari paket hosting, karakteristik fisik dari server dan keterbatasan layanan lainnya.
  6. Pastikan untuk memilih sebuah perusahaan yang menyediakan dukungan teknis yang sangat baik.
  7. Pilih perusahaan yang memiliki reputasi yang baik untuk menawarkan layanan berkualitas kepada pelanggan mereka.

Lokasi server:

Kebanyakan mesin pencari menggunakan lokasi fisik server, yaitu negara sebagai sinyal lokasi Geografis. Oleh karena itu, jika lokasi hosting baru berbeda dengan yang hosting lama, itu bisa menjadi masalah untuk peringkat serach engine website Anda. Cara terbaik adalah jika Anda bisa meng-host website Anda pada server yang terletak di negara yang sama dengan pengunjung website Anda contoh, jika pengunjung situs Anda dari Eropa atau Inggris maka itu lebih baik untuk meletakkan website Anda dalam server yang terletak di Inggris. Di sisi lain jika pengunjung situs Anda berasal dari Amerika Serikat Anda di server berbasis di AS.

Uji setelah meng-upload situs Anda pada hosting baru:

Masalah kompatibilitas bisa dengan mudah diidentifikasi jika Anda menguji website Anda dengan host baru. Pastikan bahwa situs web Anda bekerja dengan baik sebelum Anda mengujinya pada host baru. Pastikan untuk membuat cadangan seluruh situs Anda sebelum mentransfer. Adalah lebih baik jika Anda secara manual backup semua file Anda dalam kasus masalah kompatibilitas antara dua host dan jika terjadi kesalahan, Anda selalu dapat kembali dan mengembalikan.

Menginformasikan pengguna Anda sebelumnya:

Apapun kategori situs mungkin, menginformasikan pengguna Anda sebelum transisi adalah etiket baik. Dengan demikian mereka tidak akan bingung dalam kasus website Anda mengalami beberapa masalah. Pengguna Anda adalah aset terbaik Anda; umpan balik yang konstan mereka akan membantu Anda mengidentifikasi daerah bermasalah diabaikan. Menginformasikan ketika transisi akan berlangsung dan kapan akan berakhir.

Mengubah Time-To-Live (TTL) catatan DNS Anda (opsional tapi sangat dianjurkan):

Domain Name System atau lebih sering disebut sebagai “DNS” adalah layanan yang memetakan nama domain ke alamat IP yang relevan. Alamat IP ini adalah alamat jaringan dari server hosting. DNS membantu untuk menemukan server di mana situs web host. Ketika kita berubah dari satu perusahaan ke perusahaan hosting yang lain, maka kita akan merubah DNS untuk perubahan alamat IP. Oleh karena itu update wajib dalam catatan DNS diperlukan untuk transfer akan selesai dan sukses.

Ada dapat contoh di mana ada penundaan lebih dari 24 jam untuk catatan DNS untuk menjadi terlihat secara global. Untuk menghindari kelebihan beban pada menghasilkan sistem catatan DNS cache untuk jangka waktu tertentu (juga dikenal sebagai TTL). Ini adalah alasan untuk penundaan. Katakanlah Anda mengubah DNS record Anda hari ini, 23hours kemudian Anda akan melihat bahwa banyak pengguna masih mengakses situs Anda melalui server lama. Jika situs Web Anda statis penundaan ini tidak akan menjadi masalah. Tapi bagaimana kalau itu dinamis; Perubahan dilakukan dalam database tidak akan tercermin.

Dengan mengubah nilai TTL dari 24 jam (yaitu 86400 detik) sampai 5 menit (yaitu 30 detik) Anda bisa meningkatkan kecepatan proses update DNS. Mengubah TTL satu hari sebelum transfer yang sebenarnya. Setelah Anda memperbarui catatan DNS yakinlah pengunjung Anda akan mengakses website Anda melalui server hosting baru. Catatan kadang modifikasi TTL ini tidak dapat dilakukan karena beberapa pendaftar domain tidak menawarkan pilihan ini. Tapi, hei jangan khawatir, ada cara lain.

Jika Anda tidak dapat memperbarui TTL Anda, mencoba mengedit konfigurasi situs yang lama dan mengganti alamat server database dengan yang baru. Metode ini sangat cocok bila Anda ingin menghindari kehilangan konten selama periode pergeseran. Sayangnya jika tidak ada di atas tampaknya mungkin, satu-satunya harapan Anda adalah menunggu catatan DNS akan diperbarui sepenuhnya.

Setelah pindah menjaga kedua server untuk setidaknya 2 hari:

Hal ini disarankan untuk menjaga hidup server lama selama beberapa hari bahkan setelah transisi selesai. Hal ini karena beberapa browser dan aplikasi menyimpan catatan DNS untuk lebih dari nilai TTL yang ditentukan. Dengan menjaga server berjalan lama untuk sedikit lebih lama email dan lalu lintas ke situs Web Anda tidak akan hilang. Setiap 24 jam atau mesin pencari kurang memperbarui catatan DNS. Hal ini menjamin kita bisa dengan mudah bergantung pada mesin pencari, tapi yang terbaik adalah berada di sisi yang aman dan memiliki sistem lama berjalan untuk sementara waktu. Setelah beberapa hari jika melihat website ini berjalan lancar tanpa masalah, Anda dapat membatalkan account lama dan terus menggunakan baru.

Ini dia! Pastikan untuk menguji segala sesuatu sebelum Anda mentransfer. Jika Anda mengikuti panduan dengan benar, kemungkinan mendapatkan sesuatu yang salah minimal !.