1601304xiaomi-11300x400

Perbandingan Android One Vs Xiaomi Redmi 1S

Android One, proyek smartphone murah dari Google akhirnya resmi dipasarkan di Indonesia. Google menggandeng tiga vendor lokal Nexian, Evercoss, dan Mito dalam memasarkan Android One.

Dengan banderol harga sekitar Rp 1 hingga Rp 1,4 juta, Android One diyakini bisa menarik minat pengguna feature phone untuk beralih ke smartphone. Namun, bagaimana Android One jika dibandingkan dengan smartphone lain dengan harga yang mirip.

Di pasar Indonesia, salah satu Android One yang diluncurkan adalah Evercoss One X dengan banderol harga Rp 1,4 juta.Smartphone ini bakal bersaing dengan ponsel pintar lain, seperti Xiaomi Redmi 1S yang memiliki banderol harga yang sama, dan juga dipasarkan secara online.

Dengan banderol harga yang sama, spesifikasi smartphone menjadi perbandingannya. Mari kita tilik satu persatu.

Sistem operasi

Android One karena merupakan proyek dari Google, mendapatkan prioritas updateterlebih dahulu. Karena itu, Android One yang dipasarkan di Indonesia telah mengusung versi OS terbaru, Android 5.1 Lollipop.

Xiaomi Redmi 1S sendiri baru mendapat jatah OS Android 4.3 JellyBean. Namun Xiaomi mengembangkan sistem antarmuka yang dikembangkan khusus yang disebut dengan MIUI yang banyk dipuji karena bagus dan cepat.

Di samping itu, aplikasi-aplikasi bloatware (bawaan) yang dianggap tidak perlu juga tidak disertakan oleh Xiaomi.

Layar

Dari ukuran layar, seluruh versi Android One yang masuk Indonesia, termasuk Evercoss One X, mengusung ukuran layar 4,5 inci dengan resolusi 854×480 piksel.

Sementara Redmi 1S, mengusung bentang layar sedikit lebih lebar, yaitu 4,7 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel.

Hardware

Android One menggunakan chipset Mediatek MT6582 dengan prosesor Quad Core Cortex A7 1,3 GHz. Sementara Redmi 1S walau sama-sama mengusung CPU quad core Cortex A7, namun frekuensi clock-nya lebih besar, 1,6 GHz. Chipset yang diusung adalah buatan Qualcomm Snapdragon 400 yang lebih cepat.

Dalam hal GPU atau prosesor grafis, Android One menggunakan GPU Mali 400 dan Xiaomi menggunakan GPU buatan Adreno 305. GPU Adreno selama ini lebih banyak dipakai oleh smartphone-smartphone unggul kelas atas.

Untuk memori RAM, dua-duanya sama-sama mengusung RAM 1 GB, dan kapasitas penyimpanan internal 8 GB.

Kamera

Kamera kadang menjadi faktor penentu pengguna emmilih smartphone. Namunperlu diketahui, jumlah resolusi yang tinggi belum tentu menjamin hasil foto yang bagus.

Untuk Android One, Google memasang kamera belakang dengan sensor resolusi 5 megapiksel dan kamera depan 2 megapiksel.

Xiaomi Redmi 1S mengemas sensor dengan resolusi yang sedikit lebih besar, yaitu 8 megapiksel. Sementara kamera depannya lebih kecil dibanding Android One, yaitu 1,6 megapiksel.

Fitur

Dari segi fitur, baik Android One maupun Redmi 1S sama-sama mengusung slot dual mini SIM (dual standby) dan slot penyimpanan microSD hingga 32 GB. Fitur lain yang disertakan adalah standar, seperti port micro USB serta jack audio 3,5 mm.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi 1S memang unggul dalam hal spesifikasi dan software namun Android One memiliki kelebihan, sudah lebih dulu mengusung sistem operasi terbaru Android 5.1 Lollipop.

Selain itu, Android One juga selalu mendapat prioritas dari Google dalam hal updateAndroid versi terbaru.

Android One juga memiliki lebih banyak pilihan varian model dan harga. Karena selain Evercoss One X yang dibanderol Rp 1,4 jutaan, vendor lokal lain juga menjual Android One seperti Nexian dan Mito dengan banderol harga yang sedikit lebih murah.