Pertanyaan Kaskuser:

Agan” sekalian saya mau nanya berapakah jarang yang memungkinan dalam penarikan Kabel LAN ? Soalnya saya bingung ada beberapa user yang koneksinya bagus tapi ada beberapa user yang juga kurang bagus? Apakah masalahnya ada di jarak Kabel yang membentang atau masalahnya ada dalam urutan kabel yang saya gunakan berpengaruh?

urutan yang saya pakai :
putiih orange – orange , putih hijau – hijau , putih biru – biru , putih coklat – coklat …

tolong pencerahannya para suhu yang mengerti dalam bidang ini.

Jawabannya:

Nimbrung yah bro,
Betul bahwa urutan kabel akan pengaruh dengan kecepatan datanya.
Jadi gak bisa sembarangan bikin kabelnya.

Teorinya begini:
UTP = Unshielded Twisted Pair
Kalau bro perhatiin kabel UTP, kabel di dalamnya dipuntir sepasang-sepasang kan ? Dan kalau ente lihat bener2x, puntirannya ada yang rapat-rapat, ada yang agak renggang. Itu semua ada maksudnya.

Begini ceritanya, kabel yang dialirin listrik, akan bikin gelombang elektro magnetik, gelombang elektromagnetik bisa bikin gangguan / interferensi yang disebut Electro Magnetic Interference (EMI). Untuk menekan efek EMI, kita menggunakan teknik yang disebut cancellation effect. Cancellation effect akan terjadi kalau 2 kabel dipuntir dengan arah arus yang berlawanan.

A >—–>——-> B
<——-<——<

Di network card, pin untuk transmit dan receive adalah sbb:
Pin 1 = Transmit arus listrik positif (TX+)
Pin 2 = Transmit arus listrik negatif (TX-)
Pin 3 = Receive arus listrik positif (RX+)
Pin 6 = Receive arus listrik negatif (RX-)

Jadi kalau kita coba bikin diurutkan seperti contoh yang dilakukan oleh agan yang tanya:
Pin 1 = PO (TX+)
Pin 2 = O (TX-)
Pin 3 = PH (RX+)
Pin 4 = H
Pin 5 = PB
Pin 6 = B (RX-)
Pin 7 = PC
Pin 8 = C

Untuk Pin 1 & Pin 2 kabel akan jadi sepasang sehingga cancellation effect akan terjadi, tetapi pada Pin 3 (RX+), pasangannya ada di Pin 4 sehingga tidak terjadi cancellation effect malahan terjadi EMI, dan hal ini diperparah dengan Pin 6 yang pasangannya ada di Pin 5, maka terjadi 2x gangguan elektromagnetik di kabel (EMI). Efek yang terjadi adalah data akan sering corrupt sehingga kecepatan transfer jadi melambat, dan jangkauan kabel jadi terbatas.

Penyusunan pin yang benar seperti yang ditulis oleh Angelz:
Pin 1 = PH (TX+)
Pin 2 = H (TX-)
Pin 3 = PO (RX+)
Pin 4 = B
Pin 5 = PB
Pin 6 = O (RX-)
Pin 7 = PC
Pin 8 = C

Nah bisa dilihat kan bahwa TX+ & TX- ada di sepasang kabel yang dipuntir, dan RX+ & RX- juga ada di sepasang kabel yang dipuntir.

Ini baru setting untuk kecepatan 10 / 100 Mbps, untuk kecepatan gigabit, seluruh pin (1-8) akan dipakai untuk transfer data, sehingga kalau urutan Pin tidak benar akan menyebabkan gangguan parah di network.

Moga-moga penjelasannya membantu dan CMIIW yah….biar sama2x belajar.