Beberapa hari yang lalu mulai center terdengar harga Google Glass untuk pasar indonesia, Perangkat Google Glass di Indonesia di patok dengan harga sekitar 20 jutaan, jujur… bagi kantong saya harga segitu sungguh fantastis muahal…, namun bagi kaum berduit harga segitu tidak ada apa apanya…, namun sebenernya berapa sih biaya pembuatan Google Glass ?, Kok sampai harganya muahal banget. Mau tau ?, oke… sedikit saya share info yang saya baca dari situs teardown.com , di situ ternyata di ungkap bahwa harga dari pembuatan sebuah Google Glass tidak sebegitu muahalnya…, mungkin Google menjual perangkat ini begitu muahalnya…, karena teknologi yang super sulit jadi butuh dana pengembangan yang begitu besar.

Setelah teardown.com membongkar perangkat Google Glass, terlihat beberapa komponen penting di dalamnya, seperti kaca, baterai, touchpad, connector cable, kamera, chip dan masih banyak lainnya. Nah, dari semua itu, apa yang komponen paling mahal?

Glasscomponet

Komponen yang paling mahal dari Google Glass 16GB ini adalah prosesor Texas Instruments OMAP 4430 dengan harga USD 13.96 atau sekitar Rp 140 ribuan.

Selain prosesor, beberapa komponen juga disematkan di Google Glass, beberapa diantaranya kamera seharga USD5,66 (Rp 50 ribuan), layar USD 3 (Rp 33 ribuan), memori Flash NAND Toshiba USD 8,18 (Rp90 ribuan).

Bila digabungkan dengan beberapa komponen, setidaknya jumlah yang harus dikeluarkan untuk membuat Google Glass kurang dari USD 80 atau sekitar Rp900 ribuan. Sementara dijual Rp 16 jutaan.

Teardown

Situs Teardown.com mengakui bahwa ini adalah gambaran kasar dari biaya komponen Google Glass dan tidak termasuk biaya lain yang dikeluarkan oleh Google. Pihak Google sendiri mengaku biaya komponen Google Glass tidak semurah itu.