Foto yang diduga sebagai iPhone 5S kembali muncul di dunia maya. Foto yang diposting di MacRumors (20/6/2013) ini menunjukkan case belakang dan komponen internal untuk pertama kalinya. Hebatnya, situs telah menerbitkan foto otentik produk Apple yang belum pernah dirilis di dalam bocoran-bocoran sebelumnya.

Menurut bocoran gambar, Apple iPhone 5S mendatang akan memiliki dual-LED flash. Lampu flash LED ini tersemat persis di sebelah kanan kamera belakang. Dari segi ukuran, nampaknya terlihat lebih besar dibandingkan milik iPhone 5. Fitur ini menguntungkan untuk menjepret gambar di kondisi cahaya rendah.

Sementara dari komponen internalnya, Apple rupanya memperbesar kapasitas baterai menjadi 5.92 Whr (watt-hour). Sebagai perbandingan, model iPhone saat ini memiliki kapasitas berkisar 5.45Whr. Namun sayangnya, belum diketahui jenis prosesor yang digunakan. Chip utama di logic board tidak berlabel dengan nama A-series seperti A6 terlihat pada iPhone 5. Tidak jelas apakah nama chip telah dihapus atau tidak pernah dicetak.

Sebuah kode tanggal terlihat pada bagian bawah chip utama. Kode “1243” menandakan bahwa komponen tersebut diproduksi pada akhir Oktober 2012 lalu. Belum diketahui apakah produk yang ada di foto tersebut masih prototipe, produk final, atau malahan bukan iPhone 5S.

Apple diprediksi akan meluncurkan iPhone 5S akhir tahun ini, bersamaan dengan iPhone murah dengan bahan plastik yang akan tersedia dalam berbagai pilihan warna. Kemungkinan, kedua model iPhone baru tersebut bakal debut sekitar bulan September 2013. (Choiru Rizkia)